Text
Hubungan strategi pemasaran dengan volume penjualan jasa make-up artist
ABSTRAK
Rahma Nurani Shinta, Hubungan Strategi Pemasaran Dengan Volume Penjualan Jasa Make-up Artist. Skripsi. Jakarta, Pendidikan Vokasional Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2018. Dosen Pembimbing : Dra. Mari Okatini Armandari, MKM. dan Aam Aminingsih Jumhur, Ph.D.
Strategi Pemasaran merupakan perencanaan sebuah aspek yang telah dirumuskan terlebih dahulu untuk mencapai suatu tujuan bisnis. Aspek yang dirumuskan mengacu pada teori bauran pemasaran oleh Corey dan Dolan, antara lain pemilihan pasar, perencanaan produk, penetapan harga, sistem distribusi dan komunikasi pemasaran. Strategi Pemasaran dilakukan bertujuan untuk meningkatkan Volume Penjualan baik dari segi kuantitas yang terjual maupun keuntungan yang didapat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara Strategi Pemasaran dengan Volume Penjualan pada jasa make-up artist. Penelitian ini merupakan penelitian survey kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Vokasional Tata Rias 2013, 2014 dan 2015 yang berprofesi sebagai make-up artist. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 33. Data penelitian didapatkan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara strategi pemasaran dengan volume penjualan. Hal ini dapat dilihat dari rxy = 0,649 pada taraf signifikansi 0,05. Nilai koefisien determinasi yang didapatkan adalah sebesar 0,421. Hal ini menunjukkan bahwa volume penjualan dipengaruhi oleh strategi pemasaran sebanyak 42,1% dan 57,9% dipengaruhi oleh faktor lain Berdasarkan hasil penelitian tersebut, didapatkan bahwa semakin meningkatnya strategi pemasaran pada jasa make-up artist maka volume penualannya juga akan meningkat.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Volume Penjualan, Jasa make-up artist
SS00017248 | SK 17248 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain