Text
Analisis perbandingan emisi co dan HC knalpot standar dengar knalpot catalytic converter material tembaga pada motor bensin 4-tak 125CC
ABSTRAK
RIZKY AFFIF HIDAYAT, “Analisis Perbandingan Emisi CO dan HC Knalpot Standar dengan Knalpot Catalytic Converter Material Tembaga Pada Motor Bensin 4-Tak 125cc”. Skripsi. Jakarta. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Jakarta. 2018
Setiap mesin pembakaran dalam menghasilkan polusi udara yang mengandung racun hasil dari pembakaran bahan bakar, berupa gas karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NOX), pengendalian emisi gas buang yang bisa dilakukan adalah pemasangan catalytic converter, yaitu sebuah converter yang menggunakan media bersifat katalis yang dapat membantu atau mempercepat terjadinya proses perubahan suatu zat (reaksi kimia) pada saluran gas buang (knalpot). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh catalytic converter dengan material tembaga (Cu) pada motor bensin 4-tak 125cc.
Pada penelitian ini metode yang dipakai adalah metode eksperimental dengan pengukuran gas yang dikeluarkan oleh kendaraan menggunakan alat gas analyzer Q-ROTECH 402 pada RPM 1000, 2000, 3000, 4000, 5000, dan 6000 dengan hasil pengukuran yaitu CO, HC, NOX, CO2, O2, dan λ. Temperatur gas buang diukur menggunakan alat Thermocouple Type-K dan Clamp meter sebagai penampil temperatur yang terukur. Pengukuran dilakukan pada kendaraan yang menggunakan knalpot standar dan kendaraan yang menggunakan knalpot catalytic converter material tembaga dengan ketebalan plat 0,15 mm, diameter 55 mm, dan panjang 140 mm.
Setelah dilakukan pengujian dan analisis maka nilai emisi motor bensin yang menggunakan knalpot catalytic converter dengan material tembaga lebih baik dan sesuai dengan standar emisi gas buang.
Kata kunci : Catalytic converter, Katalis, Tembaga, Emisi gas buang
SS00017250 | SK 17250 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain