Text
Pengaruh bentuk tes dan disposisi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik SMP
Kemampuan koneksi matematis menjadi salah satu tujuan pembelajaran yang penting. Peningkatan kemampuan koneksi matematis dapat dicapai melalui kegiatan pembelajaran yang direncanakan dengan baik melalui latihan soal yang sesuai serta pengenalan karakteristik peserta didik, salah satunya disposisi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk tes dan disposisi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel sebanyak 86 peserta didik yang berasal dari dua sekolah. Sampel dibedakan menjadi dua kelompok yang masingmasing diberi latihan soal berbentuk esai dan pilihan ganda. Selanjutnya diberikan instrumen disposisi matematis untuk pengelompokkan disposisi matematis tinggi dan rendah. Pada akhir perlakuan, sampel diberikan instrumen tes yang mengukur kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diberi tes esai lebih baik daripada peserta didik yang diberi tes pilihan ganda dan tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pengaruh bentuk tes dan disposisi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik.
Mathematical connection ability is one of the important learning objectives. Improved mathematical connection ability can be achieved through well-planned learning activities through appropriate exercise questions as well as the introduction of the characteristics of the student, one of them is mathematical disposition. This study aims to determine the effect of test form and mathematical disposition on the students' mathematical connection ability. The research method used is quasi-experiment with a 2 x 2 factorial design. Samples are 86 students who come from two schools. Samples are divided into two groups; one group is given an essay test and the other is given a multiple-choice test. Furthermore, the mathematical disposition is given for grouping high and low mathematical dispositions. At the end of the treatment, samples were given a test instrument that measures mathematical connection ability. The results showed that mathematical connection ability of students who were given an essay test better than students who were given multiple choice test and there is no significant interaction effect between test form and mathematical disposition on students' mathematical connection ability.
TM00005243 | TM 5243 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain