Text
Pengaruh fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMA Al-Asiyah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMA AL ASIYAH. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan, terhitung dari bulan Mei sampai Juli 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskripsi kuantitatif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA AL ASIYAH yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk variabel hasil belajar (Y) dan metode survey dengan menggunakan kuesioner untuk variabel fasilitas belajar (X1) dan kemandirian belajar (X2). Berdasarkan uji persyaratan analisis, data telah berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari fasilitas belajar dan kemandirian belajar sebesar 0,654 > 0,1, nilai VIF sebesar 1,530 < 10. Sedangkan hasil uji heteroskedasitas melalui uji Scatterplot diketahui titik-titik menyebar secara acak baik diatas maupun dibawah angka 0 pada sumbu Y. Selanjutnya persamaan regres berganda didapat yaitu Ŷ = 5,051 + 0,425 X1 + 0,329 X2). Berdasarkan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F. Pertama, berdasarkan hasil uji t (thitung > ttabel), yaitu fasilitas belajar 6,154 > 1,672 dan kemandirian belajar sebesar 3,560 > 1,672, maka dalam hasil uji t secara parsial variabel fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Kedua, hasil uji F (Fhitung > Ftabel), yaitu sebesar 58,399 > 4,01, maka diketahui bahwa secara bersama-sama atau secara simultan variabel fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA AL ASIYAH.
The purpose of this research is to know influence of learning facilities and independence learning to learning outcomes of economic subjects in SMA AL ASIYAH. This research was conducted for three months, starting from May to Jully 2018. The research method used is survey method with quantitative description approach. The affordable population in this study was all students of class XI IPS SMA AL ASIYAH, amounting to 60 students.The sampling technique used is saturated sample technique.Data collection techniques use documentation for learning outcome variables (Y) and survey methods using questionnaires for learning facility variables (X1) and learning independence (X2).Based on the analytical requirements test, the data has been normally distributed and has a linear relationship. Based on the classic assumption test, there is a value in the multicollinearity test showed that Tolerance value from learning facilities and independence learning was 0,654> 0,1, VIF value 1,530 ttabel), that is learning facilities to 6,154 > 1,672 and independence learning 3,560> 1,672, then in t test result partially variable learning facility and independence learning affect to learning outcomes. Secondly, the result of F test (Fcount> Ftable), that is equal to 58,399> 4,01, it is known that simultaneously or simultaneously the variables of learning facility and learning independence affect to learning outcome in AL ASIYAH senior high school.
SS00017308 | SK 17308 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain