Text
Upaya peningkatan hasil belajar komputer dan jaringan dasar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) kelas X RPL di SMK Tamansiswa 2 Jakarta
ABSTRAK
Nillam Kesuma. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) kelas X RPL di SMK Tamansiswa 2 Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar (KJD) dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada kelas X RPL 1 di SMK Tamansiswa 2 Jakarta. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat penelitian di SMK Tamansiswa 2 Jakarta, subyek penelitian ialah siswa kelas X RPL 1 dengan jumlah siswa 39 orang. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 20 November 2017 sampai dengan 23 Maret 2018. Berdasarkan hasil analisis data terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament, peningkatan dapat dilihat dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) >75, pada siklus I terdapat 23 siswa atau 58,97%, pada siklus II terdapat 29 siswa atau 74,36%%, dan pada siklus III terdapat 23 siswa atau 84,62%.
Kata kunci : pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, KJD.
SS00017417 | SK 17417 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain