Text
Pemanfaatan museum perumusan naskah proklamasi dan kebangkitan nasional sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah di SMAN 27, SMAN 4, SMAN 89, SMAN 76 Jakarta
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan museum sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Komponen-komponen yang menjadi fokus penelitian ini yaitu 1). Bagaimana guru memanfaatkan koleksi museum sebagai sumber belajar sejarah, 2). Apa saja kendala pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan sumber sejarah museum Perumusan Naskah Proklamasi dan museum Kebangkitan Nasional sebagai Sumber Belajar. Penelitian ini dilakukan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan Museum Kebangkitan Nasional. Sumber data terdiri atas informan (Kepala Museum, Pengelola Museum, Kepala Sekolah, Guru Sejarah, Siswa [kelas XI IPS dan MIPA]), dokumen (silabus, RPP, dan dokumen lain yang dapat mendukung penelitian ini), serta tempat dan peristiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis data dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tiga tahapan analisis, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan yang berinteraksi dengan pengumpulan data secara siklus. Kata Kunci: Museum, Sumber Belajar, dan Pembelajaran Sejarah.
This aims of the research is for describes The Utilization of Museum as learning resources for history learning in DKI Jakarta. This research uses qualitative method with descriptive research type. The components of this research is: 1). How teachers uses museum collection as history learning resources, 2). What is problems in history learning by using history resources of Museum Perumusan Naskah Proklamasi and Museum Kebangkitan Nasional as learning resources. The research was conducted in Museum Perumusan Naskah Proklamasi and Museum Kebangkitan Nasional. The data sources consist of informants (Head of The Museum, Historical Resource Management, Headmaster, History Teachers, Students [Class XI IPS and MIPA]), documents (syllabus, RPP, and other documents that can support this research), as well as places and events. Data collection techniques used interview techniques, observation, and document analysis. Data validity using triangulation. Data analysis uses interactive analysis with three stages of analysis, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing that interact with data collection cycle. Keywords: Museum, Learning Resources, History Learning.
TM00005433 | TM 5433 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain