Text
Pemanfaatan rumah pengasingan Bung Hatta, Bung Sjahrir dan dr. Tjipto Mangunkusumo sebagai sumber belajar sendiri
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Pemanfaatan rumah pengasingan Bung Hatta, Bung Sjahrir dan Dr. Tjipto Mangunkusumo sebagai sumber pembelajaran oleh guru sejarah SMA/MA yang ada di Banda Naira. (2). Untuk mengetahui bagaimana cara guru sejarah mengintegrasikan situs rumah pengasingan Bung Hatta, Bung Sjahrir, dan Dr.Tjipto Mangunkusumo dalam pembelajaran sejarah di SMA/ MA yang ada di Banda Naira. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukan bahwa guru telah memanfaatkan situs rumah pengasingan tokoh nasional tersebut sebagai sumber belajar sejarah di sekolah. Guru dalam memanfaatkan rumah peniggalan para tokoh nasional tersebut sebagai sumber belajar yakni dengan mendesain rencana pelaksaan pembelajaran (RPP) dan mengitegrasikannya dengan materi ajar yang memiliki relevansi dengan sumber rumah peninggalan tersebut. terdapat dua cara yang ditempuh oleh guru sejarah dalam melaksanakan pembelajaran yakni, guru menampilkan foto-foto atau video di dalam kelas saat pemebalajaran berlangsung atau Siswa dibawa langsung kelokasi peninggalan rumah pengasingan untuk melakukan pembelajaran dengan bersumber langsung dari peninggalan rumah pengasingan tersebut
This research aims to find out (1). Utilization exile house of Bung Hatta, Bung Sjahrir and Dr.Tjipto Mangunkusumo as a source history by teacher in a High School in Banda Naira. (2) find out how history teachers integrating exile house of Bung Hatta, Bung, and Dr. Sjahrir Tjipto Mangunkusumo in learning history at High School which exists in Banda Naira. The method used in this research is descriptive qualitative with descriptive analysis approach. The sources of data are primary sources and secondary sources. The techniques of data collection are interviews, observation and documentation. Research findings suggest that teachers in the site house of exile the national figure as a source of learning history such as learning resources by designing the Lesson Plan and integrated with material that has relevance with this exile house. There are two ways that are history teacher used in learning, teacher showing photos or video in the classroom when students on learning process or student going to The exile house to learning with directly source.
TM00005425 | TM 5425 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain