Text
Pengaruh penggunaan media pembelajaran CD interaktif terhadap hasil belajar peserta kursus kue kontinental : studi pada peserta kursus Bungasari Inovation Centre pada materi Choux paste dan Shart pastry
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran CD Interaktif terhadap hasil belajar peserta kursus Kue Kontinental. Penelitian ini dilakukan di Bungasari Innovation Center sejak bulan Maret hingga Agustus 2018. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan variabel bebas pembelajaran menggunakan CD Interaktif dan variabel terikat hasil belajar peserta kursus yang diukur melalui instrumen pre-test dan post-test. Subyek pada penelitian ini adalah peserta kursus sebanyak 21 orang pada masing – masing kelas kontrol dan eksperimen. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran CD Interaktif lebih berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan metode demonstrasi. Hal tersebut berdasarkan analisis uji-t kedua kelompok, diperoleh thitung sebesar 5,68 dimana nilai lebih besar dari pada ttabel 2,02 dengan taraf nyata 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih signifikan pada penggunaan media pembelajaran CD Interaktif terhadap hasil belajar peserta kursus Kue Kontinental.
The purpose of this research is to know and to analyze the use of Interactive CD as learning media on the learning outcomes of the Continental Cake course participants. This research was held in Bungasari Innovation Center, since March 2018 until August 2018. This study uses quasi-experimental method, with the independent variable is the uses of interactive CD as learning media and dependent variable of the courses participant learning outcome which measured through the pre-test and post-test instruments. The subject of this study were 21 participants on each class of control and experiment. Data analysis techniques using independent t-test analysis. The result of this research showed that learning method using Interactive CD learning media had more influence on the learning outcomes of students compared to the demonstration method. . This is based on the analyze of the t-test of both groups, obtained t of 5.68 where the value is greater than the table 2.02 with a real level of 5%. So it can be concluded that there is a more significant influence on the use of Interactive CD learning media on the learning outcomes of the participants of the Continental Cake course.
SS00017414 | SK 17414 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain