Text
Penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPS di Pondok Pesantren Bekasi : studi kasus SMPIT YAPIDH (Yayasan Perguruan Islam Darul Hikmah) Bekasi
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS di kelas VII yang dilihat mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (2) mengetahui faktor penyebab belum optimalnya penerapan kurikulum 2013 di SMPIT YAPIDH Bekasi baik dari segi internal maupun eksternal. Penelitian dilakukan di SMPIT YAPIDH Bekasi selama kurang lebih tiga bulan dari Maret sampai Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, catatan lapangan, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Dalam proses penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajran IPS di SMPIT YAPIDH Bekasi ternyata belum dapat terealisasi dengan optimal terutama pada aspek guru yang belum memahami dengan benar sehingga pada akhirnya kembali lagi ke kurikulum KTSP yang dianggap lebih mudah. (2)Faktor penyebab penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS belum terlaksana secara optimal, terlihat dari faktor internal dan faktor eksternal seperti, Perlunya adaptasi antara guru dan siswa dalam penerapan pendekatan saintifik dalam setiap pembelajaran serta perlunya penambahan pelatihan yang lebih mendalam terkait teknis pelaksanaannya, dan proses penilaian yang terlalu rinci sehingga memerlukan banyak waktu yang lebih dalam memberikan nilai kepada siswa, serta media ajar yang kurang memadai.
This study aims to: (1) find out the application of the 2013 curriculum on social studies subjects in class VII seen from the planning, implementation, and evaluation process, (2) to know the factors that are not optimal yet the application of the 2013 curriculum in SMPIT YAPIDH Bekasi both internally or external. The research was conducted at SMPIT YAPIDH Bekasi for approximately three months from March to May 2015. The research method used was qualitative, with data collection technique through interview, observation, field note, literature study, and documentation. Data analysis technique is done by data reduction, data presentation and conclusion. Based on the result of this research, it is known that: (1) In the process of applying the curriculum of 2013 in the subject of IPS in SMPIT YAPIDH Bekasi it can not be realized optimally, especially in the aspect of teachers who have not understood properly so that in the end back to KTSP curriculum which is considered easier . (2) The factors causing the implementation of curriculum 2013 in the subjects of social studies have not been implemented optimally, visible from internal factors and external factors such as, The need for adaptation between teachers and students in the application of scientific approach in every learning and the need for additional training more in-depth related to technical implementation, and the assessment process is so detailed that it takes a lot of time to provide more value to students, as well as inadequate teaching media.
SS00017372 | SK 17372 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain