Text
Cultural literacy in academic documents for English education undergraduate program
ABSTRAK
Yuliahtuty, Khusnul Qhotimah. 2018. Literasi Budaya di dalam Dokumen Akademik pada Program S-1 Pendidikan Bahasa Inggris .Thesis. Fakultas Bahasa dan Seni, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi budaya di dalam dokumen akademik pada program studi S-1 pendidikan Bahasa Inggris. Dokumemn akademik yang dianalisi meliputi dokument silabus, dokumen rencana pembelajaran dan dokumen penilaian pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada program studi S-1 di bidang pendidikan Bahasa Inggris yang berada pada wilayah Jakarta, Bandung , dan Tangerang dengan status akreditas B. Dokumen yang diteliti dikumpulkan dengan tujuan tertentu dalam bentuk kalusa yang terdapat pada objektif dari dokumen silabus, rencana pembelajaran, dan penilaian pembelajaran berdasarkan tiga universitas yang berbeda. Hasil dari penelitian ini merujuk pada literasi budaya yang disampaikan melalui kategori kegiatan pembelajaran kelas. Selanjutnya, kompetensi dari literasi budaya secara teori dalam akademik dokumen paling banyak ditemukan pada silabus dokumen dan diikuti oleh dokumen rencana pembelajaran serta penilaian pembelajaran dengan banyaknya mata kuliah yang berfokus pada morpologi, tata bahasa, dan presentasi konsep pada Bahasa Inggris. Sebaliknya, dalam praktek, literasi budaya dalam akademilk dokumen ditemukan melalui pembelajaran literatur Bahasa target melalui bermain peran dan pentas.
Keywords : Cultural literacy, Academic documents, English undergraduate program
TM00005462 | TM 5462 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain