Text
Kreativitas seni musik anak usia dini di masyarakat nelayan tambak Lorok Kota Semarang
KREATIVITAS SENI MUSIK ANAK USIA DINI
DI MASYARAKAT NELAYAN TAMBAK LOROK
KOTA SEMARANG
(2015)
EMMY BUDIARTATI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara holistik dan kontekstual tentang
pembelajaran kreativitas seni musik anak usia dini di Paud Nanda Sifana pada masyarakat
nelayan Tambak Lorok Kota Semarang pada tahun 2015. Teknik pengumpulan data melalui
observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menunjukkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran kreativitas seni musik terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran.
Kendala-kendala yang ditemui: 1) terbatasnya pemahaman tentang pembelajaran kreativitas
seni musik pada guru; 2) orangtua lebih menghendaki anak-anaknya belajar calistung
daripada menyanyi dan bermain musik; dan 3) keterbatasan sarana prasarana dan media
pembelajaran. Upaya-upaya dalam mengatasi kendala: 1) peningkatan pemahaman guru
tentang arti pentingnya seni musik bagi perkembangan anak; 2) diadakannya kegiatan
marchingband dan pentas seni di hari-hari besar nasional dan keagamaan; dan 3)
pembuatan media alat musik sederhana dari bahan bekas. Rekomendasi hasil penelitian
agar: 1) guru senantiasa meningkatkan kreativitasnya dalam pembelajaran kreativitas seni
musik anak; 2) orangtua hendaknya tidak terlalu berharap agar anaknya segera cakap dalam
bidang akademis sehingga dapat lebih menghargai pembelajaran seni musik di Paud; dan 3)
Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Semarang
Utara hendaknya lebih intensif dalam membina Paud yang berada di wilayahnya.
Kata kunci: kreativitas, musik, anak usia dini, masyarakat nelayan
DD00002227 | D 2227 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain