Text
Pengaruh metode pembelajaran dan kreativitas mahasiswa terhadap hasil belajar programmable logic controller di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Unima
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIMA
FRANSISKUS ROYKE SEKE
Universitas Negeri Manado
Jl.Prof Ingkiriwang kel.Tonsaru Kec.Tondano Selatan MINAHASA
fransiskusroykeseke@unima.ac.id
Abstrak Penelitian ini untuk memahami pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek dan metode pembelajaran simulasi serta tingkat kreativitas mahasiswa terhadap hasil belajar Programmable Logic Controller (PLC). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Manado, menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan perlakuan By level 2X2. Data dianalisis dengan analisis varians. Hasilnya adalah (1) hasil belajar PLC kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi daripada mahasiswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran simulasi. (2) terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan tingkat kreativitas mahasiswa terhadap hasil pembelajaran PLC, (3) pada kelompok mahasiswa yang memiliki kreativitas tinggi, hasil belajar PLC mahasiswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan Metode pembelajaran simulasi, (4) pada kelompok mahasiswa yang memiliki kreativitas rendah, hasil belajar PLC mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek lebih rendah daripada yang dibelajarkan menggunakan metode simulasi. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Berbasis Proyek, Metode Pembelajaran Simulasi, Kreativitas, Programmable Logic Controller
DD00002262 | D 2262 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain