Text
Pengembangan sumber belajar sejarah lokal Sulawesi Selatan berbasis pendidikan karakter di Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNM
PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER
DI PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FIS UNM
Bahri
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sumber belajar sejarah lokal berbasis pendidikan karakter bagi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan modul dan buku panduan dosen. Sasaran penelitian ini adalah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan Model Pengembangan Instruksional (MPI) yang terdiri atas delapan tahapan, yaitu analisis kebutuhan, analisis instruksional, identifikasi karakteristik peserta didik, menentukan kompetensi dasar, mengembangkan silabus dan SAP, mendesain sistem penilaian, pengembangan modul pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakmampuan mahasiswa dalam menemukenali, mengintegrasikan dan mengaplikasikan nilai karakter pada mata kuliah sejarah lokal disebabkan oleh tidak tersedianya referensi sejarah lokal yang mengintegrasikan nilai karakter sehingga diperlukan diperlukan referensi untuk mengatasi hal tersebut. Hasil uji efektiftas menunjukkan bahwa dengan pembelajaran menggunakan sumber belajar sejarah lokal Sulawesi Selatan berbasis pendidikan karakter mahasiswa dapat menemukenali nilai karakter dalam materi sejarah lokal.
Kata Kunci: Sumber Belajar, Sejarah Lokal, Pendidikan Karakter
DD00002265 | D 2265 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain