Text
Pengembangan bahan pembelajaran hybrid learning berbasis virtual museum pada mata kuliah Sejarah Nasional Indonesia di Universitas Sriwijaya : penelitian pengembangan di Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING
BERBASIS VIRTUAL MUSUEM PADA MATA KULIAH SEJARAH
NASIONAL INDONESIA DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA
SYARIFUDDIN
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran pelaksanaan pembelajaran
Sejarah Nasional Indonesia, mengembangkan model konseptual, model prosedural,
dan model fisikal bahan pembelajaran hybrid learning berbasis virtual museum.
Pada muara pembelajaran diharapkan muncul kemampuan retensi yang
menghasilkan pengetahuan dan sikap nasionalisme. Model prosedural VIRAL
(Virtual Reality Learning) mengadopsi Model Borg and Gall Edisi 4, Borg and Gall
Edisi 8, Roblyer and Doering dan Rowntree. Peneliti mengembangkan website
www.virtualmuseumindonesia.com untuk online learning. Sementara untuk
pembelajaran tatap muka digunakan bahan pembelajaran cetak. Aplikasi virtual
reality menggunakan softwareUnity3D. Uji teoretis dilakukan oleh pakar dan uji
empiris dilakukan secara one to one, small group dan field test. Hasil uji empiris
berupa pretest-posttest dan pengukuran sikap melalui kuesioner. Hasil pre test-post
test yang dihitung melalui statistik deskriptif dan gain score menunjukkan
peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hasil kuesioner sikap nasionalisme
mahasiswa dikategorikan baik. Hal ini berarti bahan pembelajaran ini efektif
digunakan pada Mata Kuliah Sejarah Nasional VI.
Kata Kunci: Bahan Pembelajaran, Hybrid Learning, Virtual Museum, Sejarah
Nasional Indonesia
DD00002268 | D 2268 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain