Text
Pengaruh napthalene sebagai campuran bahan bakar pertalite terhadap untuk kerja sepeda motor 110 CC
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Napthalene sebagai campuran bahan bakar Pertalite terhadap unjuk kerja kendaraan, khususnya daya, torsi, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor Yamaha Fino 110 cc, ketika menggunakan campuran Napthalene dan Pertalite. Kemudian diketahui daya dan torsi maksimal, nilai konsumsi bahan bakar terbaik dan hasil emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Dua bahan bakar yang berbeda yaitu, Bahan bakar Pertalite Murni (N0) dan bahan bakar Pertalite+Napthalene 50 g (N50). Masing – masing bahan bakar tersebut diuji secara bergantian melalui sepeda motor yang dihubungkan pada dinamometer sasis dengan eddy current brake. Proses pengujiannya adalah dengan menarik handle gas dari putaran mesin 4000 RPM sampai putaran mesin 8000 hal ini dilakukan untuk mendapatkan data daya, torsi dan konsumsi bahan bakar dari sepeda motor, serta pengujian emisi gas buang. Hasil dari eksperimen adalah bahan bakar N50 menjadi yang terbaik pada daya dan torsi mesin tertinggi. Berdasarkan pengujian pada dinamometer bahan bakar N50 menghasilkan daya terbesar, yaitu 3,04 kW pada putaran mesin 6000 RPM. Kemudian berdasarkan torsi bahan bakar N50 menghasilkan torsi terbesar, yaitu 4,43 Nm pada putaran mesin 6000 RPM. Sedangkan pada konsumsi bahan bakar spesifik, nilai terbaik bahan bakar N50 terdapat pada putaran mesin 6000 RPM yaitu 0,3 kg/kW.h. Selain daya, torsi dan konsumsi bahan bakar, dan pada hasil uji emisi gas buang menunjukkan hasil CO, HC, CO2 dan O2 yang terbaik pada bahan bakar N50 pada putaran mesin 4000 sampai 6500 RPM.
The objective of this research is to examine the effectiveness of the effect of Napthalene as a Pertalite towards the vehicles work methods, especially on power, torque, fuel consumption, and emission gas which are produced by Yamaha Fino 110ccc motorcycle, After that it is known the maximum power and torque, the consumption value of the best fuel, the emission gas. The method which is used in this research is experiment method. 2 different fuels, they are the pure pertalite and pertalite+Napthalene 50g. Each fuels was examined through a motorcycle which was connected with chassis dynamometer and eddy current brake. The testing process by pulling the gas handle from 4000 rpm engine speed to 8000 engine speed. This is done to obtain power data, torque and fuel consumption of motorcycles, as well as testing emission flue gas. The result of the experiment is that the N50 fuel is the best at the highest power and engine. Based on testing on the N50 fuel dynamometer generating the largest power, that is 3,04 kW at 6000 rpm engine speed, then based on the torque the N50 fuel produces the biggest torque, that is 4,43 Nm at 6000 rpm engine speed, compared to fuel N0. While on specific fuel consumption, the best value of fuel N50 found at 6000 rpm engine speed that is 0,3 kg/kW.h, Besides torque, power and fuel consumption, and the results of the exhaust emission test show results CO, HC, CO2 and O2 the best on fuel at engine speed 4000 to 6500 rpm.
SS00017408 | SK 17408 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain