Text
Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) sebagai upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri Tegal Parang 086 Pagi Jakarta Selatan
STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGAL PARANG 06 PAGI JAKARTA SELATAN (2018)
GALUH SHINTA ERTANTI Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) di SD Negeri Tegal Parang 06 Pagi Jakarta Selatan. Strategi ini merupakan salah satu upaya dalam memecahkan masalah yang selama ini dialami dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman di SD Negeri Tegal Parang 06 Pagi Jakarta Selatan, yaitu rendahnya hasil keterampilan membaca pemahaman siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Proses pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan non tes berupa hasil observasi pelaksanaan strategi DRTA, dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, catatan lapangan dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata persentase siswa yang dimulai siklus I 53.33% dengan 16 siswa tuntas dan 14 siswa tidak tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan seluruh siswa tuntas. Dengan demikian, penggunaan strategi DRTA dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri Tegal Parang 06 Pagi. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa terjadi pada aspek menganalisis menemukan pokok pikiran, mengidentifikasi ciri-ciri teks, mengidentifikasi tema, membuat kesimpulan, menulis ringkasan, menulis pokok pikiran, mempresentasikan informasi. Semua itu tidak terlepas dari kemampuan pedagogik guru dalam menggunakan strategi DRTA, bahan simakan dan metode pembelajaran yang digunakan.
Kata Kunci : Keterampilan Membaca Pemahaman, Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan Teks nonfiksi.
TM00005548 | TM 5548 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain