Text
Peningkatan keterampilan menulis laporan melalui metode pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas V sekolah dasar : penelitian tindakan pada muatan pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Cipinang Muara 06 Pagi
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Penelitian Tindakan Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Cipinang Muara 06 Pagi
2018
RINA KHAERUNNISA hatakerina@gmail.com
ABSTRAK
Kata Kunci: Menulis, Keterampilan Menulis Laporan, Bahasa Indonesia Metode Pembelajaran Berbasis Proyek.
Abstak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan siswa dan mendeskripsikan proses pembelajaran menulis laporan setelah menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 29 siswa yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas beberapa tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran menulis laporan pengamatan selama menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Peningkatan proses tersebut dibuktikan dengan hasil keterampilan menulis laporan siswa yang meningkat saat siklus I dan siklus II. Peningkatan ini terlihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapai 51,73% pada siklus I dan semakin meningkat sebesar 93,11% pada sisklus II dengan nilai rata-rata 82,28. Berdasar hasil penelitian, penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dapat membantu siswa dalam menulis laporan pengamatan karena siswa dapat menuangkan ide dan gagasannya ke dalam sebuah tulisan berdasar pengamatan yang telah dilakukan secara langsung sehingga meningkatakan keterampilan menulis siswa dalam menulis laporan pengamatan.
TM00005542 | TM 5542 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain