Text
Perbedaan kemampuan berpikir analisis peserta didik pada pembelajaran kimia dengan penerapan model guided discovery learning dan model cooperative learning tipe STAD
ABSTRAK
ANGGITA. Perbedaan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik pada Pembelajaran Kimia dengan Model Guided Discovery Learning dan Model Cooperative Learning Tipe STAD. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Agustus 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analisis peserta didik pada pembelajaran kimia dengan model guided discovery learning dan model cooperative learning tipe STAD. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pembelajaran dilakukan pada dua kelas eksperimen dengan menerapkan model guided discovery learning dan model cooperative learning tipe STAD. Instrumen penelitian menggunakan soal uraian yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji hipotesis independent two samples t-test diperoleh nilai t hitung (1,293) < t tabel (1,996), sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir analisis peserta didik dengan model guided discovery learning dan model cooperative learning tipe STAD. Analisis lebih lanjut pada tiap indikator kemampuan berpikir analisis, dapat diketahui bahwa kemampuan mencocokkan, mengklasifikasikan, dan menggeneralisasikan lebih unggul pada kelas eksperimen I. Sedangkan kemampuan menganalisis kesalahan dan merinci lebih unggul pada kelas eksperimen II. Model guided discovery learning dan model cooperative learning tipe STAD memiliki sensitivitas masingmasing dalam melatih kemampuan berpikir analisis peserta didik.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Analisis, Guided Discovery Learning, Cooperative Learning Tipe STAD
SS00017606 | SK 17606 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain