Text
Analisis kesalahan keefektipan kalimat pada teks biografi karangan siswa kelas VIII SMPN 158 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan keefektifan kalimat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Fokus penelitian ini yaitu keefektifan kalimat berdasarkan unsur kegramatikalannya. Objek penelitian ini dilakukan pada teks biografi karangan siswa kelas VIII SMPN 158 Jakarta, dengan jumlah karangan sebanyak 30 teks biografi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan sebanyak 70 kesalahan, yaitu: 8 kesalahan pada urutan dasar, 7 kesalahan pada urutan variasi, 27 kesalahan pada peniadaan unsur, 12 kesalahan pada kesejajaran, 16 kesalahan pada penggunaan konjungsi. Maka dapat disimpulkan bahwa, kesalahan keefektifan kalimat pada siswa kelas VIII dalam teks biografi masih banyak terjadi. Hal ini disebabkan oleh karakteristik siswa kelas VIII yang belum memahami keefektifan kalimat berdasarkan unsur kegramatikalannya secara mendalam, sehingga penggunaan keefektifan kalimat berdasarkan unsur kegramatikalannya belum tepat. Implikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu pada Kurikulum 2013 KD 3.3 mengklasifikasi tesk cerita moral atau fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan. 4.3 menelaah dan merevisi teks cerita moral atau fabel ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan. Dengan demikian, siswa dapat menulis karangan teks biografi dengan kaidah kebahasaan yang lebih baik, terlebih dalam penggunaan keefektifan kalimat berdasarkan unsur kegramatikalannya.
SS00017548 | SK 17548 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain