Text
Pengaruh model pembelajaran Flipped classroom terhadap hasil belajar fisika pada materi usaha dan energi kelas X : studi eksperimen di SMAN 31 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar fisika pada materi Usaha dan Energi Kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain non-equivalent control group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelas eksperiment dengan menerapkan model flipped classroom dan kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Data dikumpulkan dengan teknik tes hasil belajar yang didapatkan dari pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukan siswa yang diajarkan dengan model Flipped Classroom, hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional,hal ini terlihat dari nilai rata-rata kedua kelas dimana pada kelas eksperimen (rata-rata 78,47 ) sedangkan pada kelas kontrol (ratarata 70,7). Perbandingan selisih nilai kedua kelompok tersebut diuji dengan uji-t menghasilkan nilai thitung sebesar 3,08 sedangkan pada nilai pada ttabel adalah 1,996. Hasil yang didapatkan bahwa nilai pada thitung lebih besar dibandingkan dengan nilai pada ttabel (thitung > ttabel) sehingga hasil uji-t adalah menolak H0 dan menerima Ha. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom dapat pengaruh positif terhadap hasil belajar fisika kelas X pada materi usaha dan energi di SMAN 31 Jakarta.
This study is intended to learn about the effects of flipped classroom learning model on physics study outcomes on 10th grade in the subject of work & energy. This study was conducted at SMAN 31 Jakarta in even semester of academic year 2017/2018. The sample for this study is X MIA 4 as experiment group and X MIA 1 as control group. Quasi Experiment methods with Non-equivalent Control Group Pre test - Post test design were used in this study. The study sample was taken using purpose sampling, in which we have two groups; the ones with flipped classroom model, and others with conventional model. Data were collected using test result from pretest and post test. The result shows that students who were taught using flipped classroom model has a higher test result than the ones taught using conventional model with average score of 78.47 compared to 70.7. The score comparison between two groups was tested using T-test resulting in "t hitung" greater in value than "t tabel" with score 3.08 and 1.996 respectively (t hitung > t tabel) so that the H0 is rejected. Based on the result, it can be concluded that the application of the flipped classroom learning model giving a positive influence on the physics study outcomes on 10th grade in the subject of work & energy
SS00017635 | SK 17635 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain