Text
Pengaruh pembelajaran SAVI terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik di SMPN 1 Tambun Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII semester genap tahun ajaran 2017/2018 pokok bahasan Aritmetika Sosial di SMPN 1 Tambun Selatan, Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Pengambilan sampel menggunakan teknik Two Stage Random Sampling. Stage pertama menggunakan teknik purposive random sampling dengan pertimbangan memilih kelaskelas dengan guru bidang studi matematika sama. Stage kedua menggunakan teknik cluster random sampling dengan memilih dua dari lima kelas berdistribusi normal, homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata secara acak untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen (model SAVI) dan kelas kontrol (model konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) kemampuan pemahaman konsep matematika yang terdiri dari 5 soal uraian. Pengujian validitas menggunakan validitas isi, konstruk, dan empiris. Pengujian validitas isi dan konstruk dilakukan oleh ahli dan perhitungan validitas empiris menggunakan rumus Pearson Product Moment. Perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan rumus korelasi Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.624 untuk soal pretest dan 0.633 untuk soal posttest. Berdasarkan hasil perhitungan data penelitian, kelas eksperimen dan kontrol berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Terdapat tiga hipotesis dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan uji-t berpasangan dengan taraf signifikansi
SS00017632 | SK 17632 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain