Text
Pengaruh media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar korespondensi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 16 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar korespondensi pada siswa kelas X administrasi perkantoran di SMK Negeri 16 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan, terhitung dari bulan Januari sampai dengan Maret 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X administrasi perkantoran di SMK Negeri 16 Jakarta yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, maka sampel dalam penelitian sebanyak 55 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan uji persyaratan analisis, data telah berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linier. Berdasarkan uji asumsi klasik pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar sebesar 0,508 > 0,1 dan memiliki nilai VIF sebesar 1,970 < 10. Sedangkan hasil uji heteroskedastisitas melalui uji Spearman’s rho, nilai signifikan media pembelajaran audio visual 0,914 > 0,05 dan motivasi belajar 0,814 > 0,05. Selanjutnya untuk persamaan regresi yang di dapat yaitu Ŷ= 0,040 + 0,737 X1 + 0,198 X2. Berdasarkan uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Pertama, berdasarkan hasil uji F maka (Fhitung > Ftabel), yaitu sebesar 108,209 > 3,18. Kedua, berdasarkan hasil uji t maka (thitung > ttabel), yaitu Media pembelajaran audio visual 8,355 > 2,007 dan motivasi belajar sebesar 2,765 > 2,007. Berdasarkan uji koefisien determinasi, media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 80,6% sedangkan sisanya 19,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar korespondensi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 16 Jakarta. Indikator terendah dari media pembelajaran audio visual adalah slide suara. Oleh karena itu, sekolah hendaknya menyediakan media pembelajaran audio visual berupa slide suara agar dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar. sedangkan indikator terendah dari motivasi belajar adalah motivasi intrinsik dengan sub indikator adanya cita-cita. Oleh karena itu, orang tua diharapkan dapat membangkitkan motivasi belajar siswa untuk mewujudkan cita-cita. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Pembelajaran Audio Visual, Motivasi Belajar
The Influence Of Media Audio Visual Learning And Learning Motivation To Korespondensi Learning Outcome In Grade X Students Class Office Administration At Vocational High School 16 Jakarta. Script. Jakarta: Program of Economic Education, Faculty of Economic, State University of Jakarta, 2018. The purposeof this research is to know the influence of media audio visual learning and learning motivation to korespondensi learning outcome on students in class X office administration at vocational high school 16 Jakarta. This research was conducted for three months from February until March 2018. The method of research is survey with correlational approach. The population in this research were all students in class X Office Administration at Vocational High School 16 Jakarta amounted to 69 students. The technique sampling had been used propotional random sampling technique, so the sample in this research was 55 respondents. The technique record of data used quesioner and documentation. Base on the classic assumption test, data has been normal and have a linear relationship. Base on the classic assumption test, the absence of multicollinearity for Tolerance value of media audio visual learning and learning motivation was 0,508 > 0,1 and VIF value of 1,970 < 10. While, heteroskedasticity test with of spearman’s rho test, the significance of media audio visual learning 0,914 > 0,05 and learning motivation 0,814 > 0,05. Than regression equation that Ŷ= 0,040 + 0,737 X1 + 0,198 X2. Base on the hypothesis test was like F test and t teast. First, based on the results on the F test with (Fhitung > Ftabel), that of 108,209 > 3,18. Second, based on the results of the t test with (thitung > ttabel), that Media audio visual learning of 8,355 > 2,007 and learning motivation of 2,765 > 2,007. Base on the coefficien determination test, media audio visual learning and learning motivation simultaneously influence on learning outcome of 80,6% while the rest of 19,4% influence by the other factors not research. It is concluded that there are significant influence between media audio visual learning And learning motivation To korespondensi learning outcome in grade X students class office administration at vocational high school 16 Jakarta. The lowest indicator of media audio visual learning is voice slide. Therefor, school should provide media audio visual learning in the form of voice slide so that can be utilized use teacher of teaching and learning activities. While the lowest indicator of learning motivation is intrinsik motivation with sub indicator is ideal. Therefore, parents should be able to generate motivation learning of realize ideals student. Keywords: Learning Outcome, Media Audio Visual Learning, Learning Motivation
SS00017139 | SK 17139 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain