Text
Analis keterampilan laboratorium mahasiswa melalui penggunaan video demonstrasi pada praktikum kimia dasar
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan laboratorium mahasiswa tahun pertama program studi Pendidikan Kimia di Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan video demonstrasi pada praktikum Kimia Dasar. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan paradigma penelitian interpretative. Teknik pengumpulan data berupa survei, observasi, wawancara, reflektif jurnal, dan data analisis Youtube. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dilakukan dengan tahap mempersiapkan dan mengorganisir data, overview data, mengelompokkan kode, mempresentasikan dan melaporkan data, menginterpretasikan data, dan memvalidasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa tahun pertama program studi Pendidikan Kimia dapat mengembangkan keterampilan dasar laboratorium setelah melakukan rangkaian praktikum kimia melalui penggunaan video demonstrasi. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dapat menguasai materi keterampilan dasar laboratorium, menumbuhkan minat ilmu dan belajar sains, dan kemampuan kerja kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan video demonstrasi dapat mengembangkan keterampilan dasar laboratorium mahasiswa Indonesia dalam praktikum kimia.
This study aims to analyze the first year Universitas Negeri Jakarta chemistry education department students’ laboratory skill through using of demonstration videos on basic chemistry practice. This research method uses an interpretive research paradigm. Data collection techniques such as survey, observation, interview, journal reflection, and Youtube analysis data. Data analysis techniques used are qualitative data performed with preparing and organizing data, overview data, code collecting, presenting and reporting data, interpreting data, and validating data. The results showed that the first-year students of the chemistry education department could develop basic laboratory skills after conducting basic chemistry experiment through the using of demonstration videos. Moreover, the result also showed that the students can master basic laboratory skills and developed interest in science and learning science, also good team work. Based on the results of the research, demonstration videos can develop Indonesian students’ basic laboratory skill on basic chemistry experiment.
SS00017616 | SK 17616 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain