Text
Nilai pendidikan karakter dalam novel Dilan (1990) kajian struktural
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter tokoh utama pada novel Dilan (1990). Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, yakni teknis analisis. Sumber data penelitian ini yaitu novel Dilan (1990). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari pendekatan struktural. Peneliti ini menggunakan teori dari Syamsul Kurniawan, M.S.I.. Hasil penelitian ini memperlihatkan dari delapan belas teori nilai pendidikan karakter, terdapat dua belas nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel Dilan (1990). Dua belas nilai pendidikan karakter itu antara lain terdapat nilai religius, jujur, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan atau nasionalisme, menghargai prestasi, komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab. Adapun enam nilai pendidikan karakter yang tidak terdapat dalam novel Dilan antara lain terdapat teloransi, disiplin, kerja keras, cinta damai, peduli lingkungan cinta tanah air. Penelitian ini dapat di implikasikan pada kelas XII Semester II KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel dan 4.9 Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.
Interpretasi terhadap nilai pendidikan karakter yang disampaikan kepada pembaca adalah pembaca dapat mengambil pelajaran dari pesan yang disampaikan sehingga diharapkan siswa sebagai objek yang membaca novel tersebut dapat menerapkan nilai tersebut dalam kehidup sehari-hari. Adapun saran yang dapat disampaikan peneliti supaya bisa menjadi acuan untuk pembelajaran bagi guru untuk mengembangkan materi.
SS00017539 | SK 17539 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain