Text
Metacognitive learning strategies used by senior high school students in writing hortatory exposition text : a study at SMA Labschool Jakarta
ABSTRAK
Beberapa siswa menggunakan strategi pembelajaran bahasa dalam kegiatan pembelajaran bahasa inggris. Strategi pembelajaran metakognitif adalah salah satu dari strategi pembelajaran bahasa yang dapat digunakan oleh siswa sekolah menengah atas, khususnya dalam kegiatan menulis untuk membantu mereka dalam menyelesaikan tugas menulis, meraih tujuan dalam menulis, dan meningkatkan kompetensi berbahasa dalam menulis. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mencari tahu jenis strategi pembelajaran metakognitif yang digunakan oleh siswa SMA Labschool dan menjelaskan apa yang siswa lakukan untuk menerapkan strategi tersebut dalam menulis teks eksposisi hortatorik. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara dengan menggunakan perekam video, lembar observasi dan pedoman wawancara. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa dan guru kelas sebelas SMA Labschool Jakarta. Berdasarkan hasilnya, data menunjukkan bahwa lima belas strategi pembelajaran metakognitif digunakan oleh siswa SMA Labschool dalam menulis teks eksposisi hortatorik. Tiga dari strategi tersebut adalah strategi metakognitif yang dibuat sendiri oleh siswa di dalam penelitian ini. Penelitian ini juga menjelaskan apa yang siswa lakukan untuk menerapkan kelima belas strategi pembelajaran metakognitif tersebut.
SS00017540 | SK 17540 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain