Text
Hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar make up karakter siswa kelas XI TP4 (Teknik Produksi Penyiaran , Program Pertelevisian) SMK Negeri 48 Jakarta
HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MAKE UP KARAKTER SISWA KELAS XI TP4 (TEKNIK PRODUKSI DAN PENYIARAN PROGRAM PERTELEVISIAN) SMK NEGERI 48 JAKARTA
Devi Ruth Widayanti Program Studi Pendidikan Vokasional Tata Rias, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
Email: devwidayanti20@gmail.com
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapatnya hubungan kepercayaan diri terhadap hasil belajar make up karakter siswa kelas XI TP4 (Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian) SMK 48 Negeri Jakarta. Sebagai sampel penelitian yang digunakan adalah 30 orang siswa kelas XI TP4 (Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian) SMK Negeri 48 Jakarta, yang telah mengikuti pelajaran make up karakter dalam mata pelajaran tata artistik. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan teknik pengambilan sampel secara Total Population Sample. Instrumen yang digunakan berbentuk kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar make up karakter siswa kelas XI TP4 (Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian) SMK Negeri 48 Jakarta. Hasil yang diperoleh adalah KD = rxy2 = 0,3774 x 100% = 37,74% sehingga dapat disimpulkan bahwa 37,74% hasil belajar make up karakter siswa kelas XI TP4 SMK Negeri 48 Jakarta ditentukan oleh kepercayaan diri, sedangkan 62,26% ditentukan oleh faktor lain. Dengan demikian, semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai siswa. Siswa yang telah selesai mempelajari make up karakter diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan yang sesuai dengan pelajaran yang diperoleh disekolah maupun pada dunia industri sehingga dapat menambah ide dan kreativitas siswa. Kata kunci: Hubungan, kepercayaan diri, hasil belajar make up karakter.
SS00017429 | SK 17429 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain