Text
Pola pikir kewirausahaan korporasi pemimpin toko ritel : studi grounded theory
POLA PIKIR KEWIRAUSAHAAN KORPORASI
PEMIMPIN TOKO RITEL:
STUDI GROUNDED THEORY
ELKANA TIMOTIUS
ABSTRAK
Dinamika bisnis yang sangat kompetitif saat ini dapat dengan cepat berubah. Sumber daya manusia menjadi kunci utama dalam bisnis sejak beberapa tahun terakhir. Dalam bisnis ritel, peran pemimpin toko sangat penting karena kinerja toko ritel ditentukan oleh pemimpin toko. Namun sayangnya, beberapa pemimpin toko tidak memiliki pola pikir yang benar ketika menjalankan pekerjaan mereka. Konsep kewirausahaan korporasi berupaya untuk memanfaatkan inisiatif diri, perilaku inovatif, dan keahlian manajerial menjadi kinerja individu. Kewirausahaan korporasi diharapkan dapat menjawab kesenjangan yang ada dalam situasi empiris. Tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah untuk membangun model teoritis dengan menganalisis data secara induktif dengan metode grounded theory. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen terhadap 25 orang yang bekerja di sebuah jaringan toko ritel sepeda di Indonesia yang dipilih secara teoritis sebagai informan. Penelitian ini menemukan konsistensi bahwa pemimpin toko ritel yang memiliki pola pikir kewirausahaan korporasi akan selalu melibatkan tim dan bekerja untuk pencapaian bersama dengan memprioritaskan tujuan perusahaan. Hal ini tentunya bermanfaat bagi praktisi bisnis ritel saat menugaskan seseorang menjadi pemimpin toko ritel. Selain itu, ada beberapa saran yang ditujukan kepada individu agar dapat meningkatkan kinerjanya.
Kata Kunci: Kewirausahaan Korporasi, Inisiatif Diri, Perilaku Inovatif, Keahlian Manajerial.
DD00002304 | D 2304 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain