Text
Evaluasi implementasi kebijakan program sekolah gratis SMA/MA dan SMK dalam rangka meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Kabupaten Organ Komering Ilir
EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM SEKOLAH GRATIS SMA/MA DAN SMK DALAM RANGKA MENINGKATKAN AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
TASLIM
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan landasan dasar program, perencanaan, pelaksanaan, dan hasil serta dampak Program Sekolah Gratis SMA/MA dan SMK di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi program dengan model evaluasi CIPP yang dikembangkan Stufflebeam’s. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, telaah dokumen, dan penyebaran angket. Populasi dalam penelitian ini adalah Tim Manajemen, Kepala sekolah, Guru, Pegawai, Orang tua Siswa dan Komite sekolah dengan sampel sebanyak 270 orang di 6 sekolah melalui teknik penarikan sampel menggunakan metode multistage cluster sampling.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: (1) landasaan dasar program yang meliputi aspek; prioritas program, regulasi, tujuan dan sasaran semua kriteria terpenuhi, penilaian dikategorikan baik, sehingga semua aspek dapat dipertahankan, (2) perencanaan program yang meliputi aspek; ketersediaan pegawai/SDM, anggaran, strategi, struktur organisasi, sarana prasarana, dan prosedur kerja sebagian kriteria terpenuhi, penilaian dikategorikan cukup baik, sehingga sebagian aspek dapat dipertahankan, (3) pelaksanaan program yang meliputi aspek; komunikasi, disposisi, dan birokrasi sebagian kriteria terpenuhi, penilaian dikategorikan cukup baik, sehingga sebagian aspek dapat dipertahankan, dan (4) pencapaian hasil dan dampak program yang meliputi aspek; ketercapaian tujuan, peningkatan akses dan kualitas pendidikan, semua kriteria terpenuhi, sehingga penilaian dikategorikan baik, hal ini berarti aspek hasil dan dampak program dapat dipertahankan.
Keywords: evaluasi implmentasi kebijakan, sekolah gratis, model evaluasi CIPP.
DD00002303 | TM 2303 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain