Text
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan membaca Bahasa Prancis pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Tata Boga di SMK Kharismawita 2 Jakarta : sebuah penelitian tindakan
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Prancis pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Tata Boga SMK Kharismawita 2 Jakarta Selatan. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah group investigation. Model group investigation merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pembelajaran membaca bahasa Prancis secara berkelompok yang heterogen.
Dalam proses pembelajaran group investigation terdapat 6 tahapan yang harus dilaksanakan yaitu:1) menyeleksi topik dan mengamati, 2) merencanakan dan menanya, 3) menalar dan melaksanakan perencanaan, 4) menganalisis dan menarik kesimpulan, 5) mempresentasikan dan 6) mengevaluasi. Penelitian ini berlangsung dari bulan Februari s.d Mei 2018 dan terbagi dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan.
PTK ini diawali dengan observasi pembelajaran di kelas dan pemberian pre-test kepada siswa. Hasil pre-test yang didapat yaitu sebesar 65,26. Pada siklus I PTK ini, kegiatan belajar mengajar berjalan sesuai dengan perencanaan, namun masih terdapat beberapa kekurangan seperti kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran masih kurang baik, dan siswa terlihat antusias hanya pada awal pelajaran. Hasil rata-rata nilai tes membaca pada akhir siklus I yang diperoleh siswa adalah 79,47.
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada siklus II berjalan lebih baik, minat dan partisipasi siswa terlihat lebih meningkat dalam mengikuti pembelajaran pada siklus ini. Hal ini ditandai dengan respon siswa yang lebih aktif dalam menjawab pertanyaan guru dan siswa lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya, peningkatan dalam pembelajaran membaca ini juga diperlihatkan dengan hasil nilai tes membaca yang diberikan guru pada akhir siklus II. Tes tersebut berupa 20 butir soal dan rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 87,24.
Berdasarkan hasil kedua post-test yang dilakukan dalam dua siklus, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa dalam bahasa prancis dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Group Investigation.
SS00017985 | SK 17985 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain