Text
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi kinematika gerak lurus menggunakan tracker video analysis berbasis model pembelajaran inquiry terbimbing
ABSTRAK
Amirah Dwi Septiningrum. Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kinematika Gerak Lurus Mengggunakan Tracker Video Analysis Berbasis Model Pembelajaran Inquiry terbimbing. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negerai Jakarta. Agustus 2018
Telah dihasilkan sebuah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi kinematika gerak lurus menggunakan tracker video analysis berbasis model pembelajaran inquiry terbimbing untuk kelas X SMA/ MA. Pengembangan LKPD tracker materi kinematika gerak lurus dilakukan atas dasar guna memfasilitasi peserta didik untuk melakukan praktikum gerak lurus dan gerak parabola menggunakan tracker video analysis dengan bimbingan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Penyusunan LKPD dilakukan dengan langkah pengembangan model ADDIE yang dikembangakan oleh Dick and Carey. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan model ADDIE di antaranya Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Pelaksanaan), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil uji validasi ahli pembelajaran (81,16%), uji validasi ahli materi (99,88%), uji validasi ahli madia (94,58%), uji skala kecil oleh guru (85,71%) dan uji keterbacaan oleh peserta didik (80,88%). Berdasarkan rata-rata hasil uji validasi dan uji keterbacaan yang dinilai dengan menggunakan penilaian skala Likert 1 sampai 5 dapat dinyatakan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi kinematika gerak lurus menggunakan tracker video analysis berbasis model pembelajaran inquiry terbimbing mendapat interpretasi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika kelas X SMA/ MA. Kata-kata kunci: LKPD, Tracker Video Analysis, Kinematika Gerak Lurus
SS00018098 | SK 18098 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain