Text
Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronik siswa kelas X TITL yang memiliki perbedaan kemampuan awal di SMK Negeri 5 Jakarta
ABSTRAK
Rukayah.5115141055.PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TITL YANG MEMILIKI PERBEDAAN KEMAMPUAN AWAL DI SMK NEGERI 5 JAKARTA. Skripsi. Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Dosen Pembimbing: Dr. Soeprijanto, M.Pd; Drs. Irzan Zakir, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan model project based Learning dan discovery learning, (2) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika, (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi antara yang diberi model project based learning dengan discovery learning, (4) Mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi yang diberi model pembelajaran project based learning dengan discovery learning.
Responden penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Jakarta, dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2018. Menggunakan metode quasi eksperimental dengan rancangan factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TITL di SMK Negeri 5 Jakarta yang terdiri dari 3 kelas. Sampel ditentukan secara acak dengan teknik random sampling didapatkan 2 kelas. Kelas eksperimen pertama yang diberi model pembelajaran project based learning yaitu kelas X TITL 2 dan kelas kontrol yang diberi model pembelajaran discovery learning yaitu kelas X TITL 3. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) dua jalur, yang dilanjutkan dengan uji rentang Tukey pada taraf α= 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika antara siswa yang diberi model pembelajaran project based learning dengan siswa yang diberi model pembelajaran discovery learning dilihat dari Fh = 13,9> Ftabel = 4,15. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektonika dilihat dari Fh = 9,5> Ftabel = 4,15. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi antara yang diberi model pembelajaran project based learning dengan yang diberi model pembelajaran discovery learning dilihat dari uji Tukey dengan Qh = 6,8>Qt= 4,41. (4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah antara yang diberi model pembelajaran project based learning dengan yang diberi model pembelajaran discovery learning dilihat dari uji Tukey dengan Qh = 0,64
SS00018325 | SK 18325 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain