Text
Nilai edukatif novel Anak rantau karangan Ahmad Fuadi dalam perspektif sosiologi sastra dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia
ABSTRAK
Adistya Maulida. 2018. Nilai Edukatif Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi dalam Persfektif Sosiologi Sastra dan Implementasinya pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis nilai-nilai Edukatif yang terkandung dalam novel Anak Rantau karangan Ahmad Fuadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu dengan penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan data yang telah ada, yaitu novel. Analisis dilakukan berdasarkan pendekatan sosiologi sastra. Teori nilai edukatif menurut Tillman memiliki duabelas aspek nilai edukatif, yaitu nilai kedamaian, nilai penghargaan, nilai cinta dan kasih sayang, nilai toleransi, nilai kejujuran, nilai kerendahan hati, nilai kerja sama atau tolong-menolong, nilai kebahagiaan, nilai kesederhanaan, nilai persatuan, nilai tanggung jawab, dan nilai kebebasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Anak Rantau karangan Ahmad Fuadi mengandung berbagai aspek nilai edukatif. Nilai persatuan adalah aspek nilai edukatif yang paling dominan dengan jumlah yang paling banyak ditemukan pada novel Anak Rantau, sementara nilai toleransi adalah aspek yang paling sedikit ditemukan. Implementasinya di sekolah ialah guru dapat menjadikan novel Anak Rantau sebagai sarana pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada tingkat SMA kelas XI dengan kompetensi dasar 3.8 ranah kognitif dan 4.8 ranah psikomotor.
Kata kunci: Nilai Edukatif, Novel Anak Rantau, Ahmad Fuadi, Sosiologi Sastra.
SS00018102 | SK 18102 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain