Text
Hubungan percaya diri dengan perilaku menyontek dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi di SMA
ABSTRAK ELSA DWI AMBARWATI. Hubungan Percaya Diri dengan Perilaku Menyontek dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Di bawah Bimbingan EKA PUTRI AZRAI, ERNA HERYANTI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan percaya diri dengan perilaku menyontek dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 49 Jakarta pada Semester I tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dan didapatkan sampel sebanyak 105 peserta didik dengan rumus Slovin. Metode yang digunakan adalah metode observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen percaya diri dan perilaku menyontek dengan skala Likert dan nilai ulangan kenaikan kelas untuk hasil belajar biologi. Analisis uji prasyarat digunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Analisis pengujian hipotesis dengan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan negatif antara percaya diri dengan perilaku menyontek dan terdapat hubungan positif antara percaya diri dengan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi di SMA.
Kata kunci : hasil belajar, percaya diri, perilaku menyontek
SS00018510 | SK 18510 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain