Text
Pengembangan media visual berbasis pop-up materi ekosistem bagi siswa SMP kelas VII
ABSTRAK HANNY IMANIA. Pengembangan Media Visual Berbasis Pop-Up Materi Ekosistem Bagi Siswa SMP Kelas VII. SKRIPSI. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. 2018. Di bawah Bimbingan EKA PUTRI AZRAI, ERNA HERYANTI.
Mata pelajaran IPA di SMP merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup sulit. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran IPA khususnya materi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran visual berbasis Pop-Up untuk menunjang pembelajaran siswa SMP kelas VII pada materi ekosistem khususnya sub materi rantai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida energi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, validasi ahli, pemberian kuesioner dan pemberian pre-test post-test. Berdasarkan hasil observasi, siswa dan guru sangat setuju apabila media pembelajaran berbasis Pop-Up dikembangkan, karena media pembelajaran visual berbasis Pop-Up dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran ekosistem sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase hasil validasi yang dilakukan oleh telaah pakar (Expert judgement) yaitu, ahli materi 84%, ahli bahasa 87,1% dan ahli media 84% dengan interpretasi sangat baik. Persentase hasil uji coba siswa sebesar 85% sedangkan uji coba guru sebesar 90% dengan interpretasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji efektivitas yang telah dilakukan sebanyak 87% siswa yang menggunakan media pembelajaran visual berbasis Pop-Up mengalami peningkatan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran visual berbasis Pop-Up materi ekosistem sub materi ratai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida energi sangat layak untuk digunakan.
Kata Kunci: ekosistem, pop-up, model Borg and Gall
SS00018511 | SK 18511 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain