Text
Analisis literasi kimia peserta didik pada pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit melalui pendekatan culturally responsive teaching terintegrasi etnokimia
ABSTRAK
Dina Febriana. Analisis Literasi kimia Peserta Didik pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terintegrasi Etnokimia: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran Literasi kimia peserta didik dalam proses pembelajaran kimia pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching terintegrasi etnokimia. Penelitian dilaksanakan di SMA 1 Cikembar Sukabumi pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Partisipan terdiri dari 35 peserta didik kelas X MIPA 2. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, reflektif jurnal, wawancara peserta didik, dan tes soal literasi kimia. Penelitian dilakukan dengan mengaitkan konsep kimia dengan latar belakang budaya serta karateristik peserta didik. Pembelajaran CRT-Etnokimia menggunakan tahapan identifikasi diri (Self-identification), Pemahaman budaya (Culturally Understanding), Kolaborasi (Collaboration), Berpikir kritis untuk refleksi (Critical Reflective Thingking), Konstruksi transformative (Transformative Construction). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching terintegrasi etnokimia menghasilkan 71,2% peserta didik kelas X MIPA 2 memiliki literasi kimia dengan kategori Pengetahuan Sains (Scientific and chemical content knowledge) peserta didik dapat melakukan inkuiri ilmiah. Kimia dalam konteks (Chemistry in context) peserta didik mulai menggunakan pengetahuan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan Belajar Tingkat Tinggi (High – order learning skills) peserta didik mulai tertarik untuk bertanya dan mencari informasi. Affective aspect peserta didik mulai tertarik pada masalah kimia.
Kata Kunci: Literasi kimia, Culturally Resposive Teaching, Etnokimia
SS00018515 | SK 18515 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain