Text
Pengembangan pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak autisme kelas 1 SLB, Kotamadya Kendari
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK AUTISME KELAS 1 SLB, KOTAMADYA KENDARI
MUHAMAD SAFIUDDIN SARANANI
e-mail : piu_saranani@yahoo.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak autisme kelas 1 SLB, yang disesuaikan dengan analisis kebutuhan anak autisme di Sekolah Luar Biasa Mandara 1 dan 2, Kotamadya kendari. Pengembangan pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan kemampuan bahasa ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Sampel penelitian sebanyak 5 orang peserta didik dari anak-anak autisme yang mengalami tingkat gangguan autisme ringan. Pengembangan pembelajaran ini dilaksanakan dalam lima tahap, yakni analisis kebutuhan, analisis pembelajaran yang sedang berlangsung, analisis kelayakan model oleh pakar, analisis pengguna oleh anak/guru, dan analisis efektivitas model. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (i) muatan bahan pembelajaran berbasis Multimedia harus memuat komponen-komponen bahasa yakni alphabet, kata, suku kata dan gabungan beberapa kata sederhana (phrasa) yang terintegrasi kedalam media pendukung, (ii) Bahan pembelajaran yang digunakan sebelumnya masih memiliki kekurangan dari aspek kelayakan isi materi, keakuratan materi, penggunaan bahasa, layout pada materi ajar, dan kelengkapan pendukung materi yang masih terbata, (iii) Hasil telaah dan penilaian pakar bahan pembelajaran sangat layak dengan rata-rata nilai keseluruhan 4.30, (iv) Hasil persepsi dan penilaian guru sangat layak dengan rata-rata nilai 4.65, dan (v) Uji efektivitas model penelitian ini dianalisis dengan memberikan pre test dan post test pada anak, serta menggunakan uji-t. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan taraf signifikansi 0,05. Diperoleh nilai p (t hitung) sama dengan -12.029 dengan signifikansi 0,000. Karena p (t hitung) Iebih kecil dari alfa 5%, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima karena terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan modul.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Pengembangan bahasa berbasis Multimedia, Pengembangan pembelajaran anak Autisme.
DD00002326 | D 2326 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain