Text
Pengaruh model pelatihan berbasis kompetensi terhadap keterampilan bimbingan kelompok guru BK di SMK se-Kabupaten Bogor
engaruh Model Pelatihan Berbasis Kompetensi terhadap Keterampilan
Bimbingan Kelompok Guru BK di SMK se-Kabupaten Bogor
Karyadi
Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan berbasis
kompetensi terhadap keterampilan bimbingan kelompok Guru BK di SMK se-
Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan
metode one group pre test post test design. Kelompok eksperimen diberikan
perlakuan dua belas sesi pertemuan yang diselenggarakan selama tiga hari dengan
empat sesi per harinya.
Sampel penelitian adalah Guru BK SMK se-Kabupaten Bogor yang
bergabung dalam komunitas Musyawarah Guru BK. Responden dipilih menjadi
14 orang yang memiliki kategori rendah dalam keterampilan bimbingan
kelompok. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability dengan
bentuk purposive sampling.
Instrumen yang digunakan dalam menentukan sampel menggunakan
instrumen tes performa dalam skala Guttman dengan dua pilihan jawaban
“terlihat-tidak terlihat” yang terdiri atas 21 butir soal yang valid dengan
reliabilitas pengamatan menggunakan intereter realibility sebesar 0,87 dan masuk
kategori tinggi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik
non parametrik metode Wilcoxon dengan membandingkan mean pre-test dan posttest
kelompok eksperimen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan p = 0,005 <
0,05 (signifikan), diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil pretest
dan post-test kelompok eksperimen sehingga peneliti menyimpulkan Ha
diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, pelatihan berbasis kompetensi efektif
meningkatkan keterampilan bimbingan kelompok pada guru BK SMK Kabupaten
Bogor.
Kata Kunci : Keterampilan Bimbingan Kelompok, Pelatihan Berbasis
Kompetensi.
TM00005714 | TM 5714 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain