Text
The relevance of English reading materials on English textbook "Forward for vocational school"with the curriculum 2013
ABSTRACT
Adha, Reynal. 2018. The Relevance of English Reading Materials On English Textbook “Forward For Vocational School” To The Basic Competences Of 2013 Curriculum
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis relevansi antara materi bacaan dalam Buku Pelajaran " Forward For Vocational School” " untuk kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan dengan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013 dalam konteks area kognitif. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai metode. Data diperoleh dari silabus bahasa Inggris untuk siswa kelas X SMK dan buku teks. Kemudian, peneliti menganalisis instruksi tugas dan latihan apakah sesuai dengan relevansinya dengan kata kerja dari tabel area kognitif yang dinyatakan oleh Anderson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hal relevansi materi Bacaan dalam buku teks dengan silabus pada area kognitif, terdapat 72 materi bacaan di buku relevan sejumlah 93% menurut Indikator relevansi berdasarkan Permen Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku. Namun, ada empat bahan yang tidak relevan atau sejumlah 7%. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar penulis buku dapat meningkatkan dan mengembangkan materi dalam buku ini. Peneliti juga menyarankan bahwa jika guru dapat menggunakan buku ini sebagai sumber utama atau pembelajaran mereka, namun mereka harus memiliki sumber pelengkap seperti materi otentik untuk mendapatkan materi yang lebih beragam.
Keywords: Materi Bacaan , Buku , Kurikulum 2013
SS00018203 | SK 18203 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain