Text
Hubungan antara kecerdasan emosional dan gaya belajar dengan hasil belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa SMK Negeri 47 di Jakarta
ABSTRAK
Penelitian dilakukan di SMK Negeri 47 di Jakarta selama 6 bulan terhitung pada bulan Desember 2017 sampai dengan Juni 2018. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan gaya belajar dengan hasil belajar pada siswa SMK Negeri 47 di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan korelasional, populasi diambil dari siswa kelas XI SMK Negeri 47 di Jakarta. Jumlah sampel sebanyak 131 responden diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ= 61,866+0,246 X1 and Ŷ= 61,129+0,244 X2. . Uji persyaratan analisis yaitu menggunakan uji normalitas dan linieritas. Uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,212, X1 bernilai sebesar 0,280, X2 bernilai sebesar 0,244. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya.Uji linieritas regresi Y atas X1 menghasilkan thitung 6,886 > ttabel 1,65685 dan uji linieritas regresi Y atas X2 menghasilkan thitung > ttabel yaitu thitung 7,022 > ttabel 1,65685, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Kemudian dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 6,886 dan ttabel = 1,65685, Y atas X2 thitung = 7,022 dan ttabel = 1,65685. Dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasinya adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi Y atas X1 diperoleh sebesar 0,269 yang menunjukan 26,9% variable kecerdasan emosional menentukan hasil belajar dan X2 yang diperoleh sebesar 0,277 yang menunjukkan bahwa 27,7% variabel gaya belajar menentukan hasil belajar.
SS00018399 | SK 18399 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain