Text
Pengaruh metode pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar praktik instalasi penerangan listrik siswa kelas XI SMK Negeri 26 Jakarta
ABSTRAK
Ina MiftahulJannah. 5115131431. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Praktik Instalasi Penerapan Listrik Kelas XI SMK Negeri 26 Jakarta. Skripsi : Program Studi S1 Pendidikan Vokasional Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2018. Dosen Pembimbing: Dr. Suyitno Muslim, M.Pd dan Drs. Faried Wadjdi, M.Pd., M.M
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar praktik Instalasi Penerangan Listrik kelas XI SMK Negeri 26 Jakarta, pokok bahasan komponen memasang instalasi lampu penerangan pada bangunan gedung
Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas Metode Pembelajaran Quantum Learning. Variabel terikat hasil belajar praktik Instalasi Penerangan Listrik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 26 Jakarta kelas XI pada semester II tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 62 siswa. Pengujian dilakukan dengan instrumen lembar penilaian kinerja dengan 6 aspek.
Uji instrumen dengan uji validitas terhadap dosen ahli. Uji Normalits menggunakan Uji Liliefors. Hasil eksperimen didapatkan X2hitung ≤ X2tabel atau 0,019 ≤ 0,027, kontrol didapatkan X2hitung ≤ X2tabel atau 0,135 ≤ 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Uji Homogenitas menggunakan Uji Fisher diperoleh Fhitung ≤ Ftabel atau 2,754 ≤ 4, dapat disimpulkan sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Rata-rata nilai hasil belajar praktik Instalasi Penerangan Listrik eksperimen sebesar 78 dan rata-rata nilai hasil belajar praktik Instalasi Penerangan Listrik kontrol sebesar 66
Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t, didapatkan thitung > ttabel atau 4,004 > 1,6706 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning yang signifikan terhadap hasil belajar praktik Instalasi Penerangan Listrik siswa kelas XI di SMK Negeri 26 Jakarta.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Quantum Learning, Hasil Belajar Praktik Instalasi Penerangan Listrik
SS00018580 | SK 18580 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain