Text
Pengaruh model pembelajaran numbered heads together terhadap hasil belajar anatomi fisiologi siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 27 Jakarta
ABSTRAK
NOFITA AYU DIAH SURYANI. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Anatomi Fisiologi Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 27 Jakarta. Skripsi: Pendidikan Vokasional Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Anatomi Fisiologi siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 27 Jakarta.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental yang diberikan perlakuan terhadap kedua kelas yang berbeda. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa dan 32 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling jenuh. Kelas eksperimen diterapkan pada kelas X TKK 1 menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together sedangkan kelas kontrol diterapkan pada kelas X TKK 2 tanpa model pembelajaran tertentu. Data pada penelitian ini didapatkan dengan cara pemberian posttest pada siswa. Untuk mengukur kemampuan kognitif yaitu digunakan tes berupa soal pilihan ganda dan untuk kemampuan psikomotorik berupa portofolio.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Numbered Heads Together mendapatkan nilai rata-rata 82,00, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 73,84. Selain itu berdasarkan perhitungan dengan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 7,84 dan nilai ttabel sebesar 1,67 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan df = 60. Dengan demikian H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together.
Kata Kunci : Numbered Heads Together, Hasil Belajar.
SS00018583 | SK 18583 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain