Text
Pengaruh motivasi terhadap kemampuan membaca kanji II : eksperimen pembelajaran kanji dengan menggunakan metode Giving Question and Getting Answer (GQ & GA)
ABSTRAK
Agus Wibowo. 2018. Pengaruh Motivasi Terhadap Kemampuan Membaca Kanji II (Eksperimen Pembelajaran Kanji Dengan Menggunakan Metode Giving Question And Getting Answer (GQ & GA)). Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Bahasa Jepang merupakan bahasa yang tidak mudah untuk dikuasai. Dalam mempelajari Bahasa Jepang, banyak mahasiswa yang kesulitan dalam berbagai hal, baik itu kosakata, tata bahasa, maupun huruf bahasa Jepang khususnya huruf kanji. Banyak mahasiswa yang kesulitan dalam mempelajari kanji, terutama dalam membaca kanji. Selain banyaknya cara baca kanji, metode yang digunakan dalam proses pembelajaran kanji pun kurang bervariasi dan menyebabkan mahasiswa merasa bosan ataupun tidak termotivasi dalam mempelajari kanji. Dibutuhkan suatu metode yang tepat agar pembelajaran lebih bervariasi agar tidak menyebabkan kebosanan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi dalam mempelajari kanji. Untuk memecahkan masalah yang telah diuraikan di atas, peniliti menggunakan metode Giving Question And Getting Answer (GQ & GA) dalam mempelajari kanji.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu: Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kemampuan membaca kanji dalam pembelajaran kanji dengan menggunakan metode Giving Question And Getting Answer, Untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap kemampuan membaca kanji dalam pembelajaran kanji dengan metode GQ & GA, Untuk mengetahui apakah mahasiswa yang memiliki motivasi intrinsik lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki motivasi ekstrinsik dalam pembelajaran kanji dengan menggunakan metode GQ & GA.
Metode yang digunakan adalah True Experimental Design. Sedangkan desain yang digunakan adalah One-Group Only Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 mahasiswa. Dari 20 mahasiswa terdapat 5 mahasiswa yang masuk ke dalam kelompok motivasi intrinsik dan 5 mahasiswa yang masuk ke dalam kelompok motivasi ekstrinsik. Pembagian kelompok motivasi intrinsik dan ekstrinsik di dapat melalui analisis menggunakan rumus Z-score. Pembagian kelompok ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi instrinsik dan ekstrinsik terhadap kemampuan membaca kanji. Setelah itu, dilakukan analisis data untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kemampuan membaca kanji menggunakan rumus regresi linear berganda. Hasil analisinya, diperoleh B1=21,85, B2=0,031, A=−1819,01, dan
v
nila r2=0,376. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antar metode GQ & GA dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca kanji. Selanjutnya adalah menganalisis data untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik terhadap kemampuan membaca kanji dengan menggunakan regresi linear sederhana. Di ketahui nilai A=49,51, B=0,280, dan r2 = 0,036. Dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi intrinsik terhadap kemampuan membaca kanji. Adapun untuk mengetahui pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap kemampuan membaca kanji, diketahui nilai A=303,5, B=−1,326, dan r2=0,256. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap kemampuan membaca kanji. Adapun kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi intrinsik lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi ekstrinsik terhadap kemampuan membaca kanji.
Kata Kunci: Pengaruh, Motivasi, Metode GQ & GA, dan Kanji.
SS00019095 | SK 19095 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain