Text
Proses pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris program paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Numatra Senen Jakarta Pusat
PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS PROGRAM PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) NUMATRA SENEN JAKARTA PUSAT
Asri Lestari
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa inggris pada peserta didik paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Numatra Senen Jakarta Pusat.
Penelitian ini dilaksanakan di PKBM Numatra Senen Jakarta Pusat khususnya program paket B. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan terhitung pada bulan September 2018 hingga Januari 2019. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian adalah tutor paket B, dan penelitian ini memiliki 4 sampel diantaranya yaitu 2 tutor, 2 peserta didik di PKBM Numatra.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai dengan tutor menyusun perencanaan dalam bentuk rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kemudian membuat materi yang akan diajarkan kepada peserta didik. Pada pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan metode ceramah atau menyampaikan materi ke semua peserta didik dan dari hasil proses pembelajaran
Kata kunci: Pembelajaran paket B
SS00019480 | SK 19480 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain