Text
Pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap sikap ilmiah IPA kelas V SD di Kelurahan Kebon Jeruk Jakarta Barat
MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP SIKAP ILMIAH IPA KELAS V SD DI KELURAHAN KEBON JERUK, JAKARTA BARAT
(2019)
MARINI WAHYUNINGSIH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) terhadap sikap ilmiah IPA peserta didik kelas V SD. Adapun sampel penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas V SD di Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan ialah metode Eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang diuji normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis dengan menggunakan uji beda (uji-t) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel (6,869 > 2,001) sehingga Hₒ ditolak dan H₁ diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran POE berpengaruh secara signifikan terhadap sikap ilmiah IPA peserta didik kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran POE dapat dijadikan suatu upaya dalam meningkatkan sikap ilmiah IPA peserta didik. Oleh karena itu, guru diperlukan untuk memilih model pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan sikap ilmiah IPA peserta didik.
Kata Kunci : Model Pembelajaran POE, Sikap Ilmiah IPA.
SS00019474 | SK 19474 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain