Text
Hubungan pemahaman materi PKN dengan perilaku prososial anak usia 6-7 tahun : penelitian korelasional di SD Kelurahan Pulo Gebang, Jakarta Timur
HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI PKN DENGAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 6-7 TAHUN
(Penelitian Korelasional di SD Kelurahan Pulo Gebang, Jakarta Timur)
2019
RETNO UTARI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman materi PKn dengan perilaku prososial anak usia 6-7 tahun di SD Kelurahan Pulo Gebang, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh SDN Pulo Gebang di Kelurahan Pulo Gebang. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1A dan 1C di SDN Pulo Gebang 04 Pagi yang berjumlah 64 anak. Hasil dari analisa data setelah dikorelasikan ternyata dapat diketahui bahwa perolehan rxy sebesar 0.313 pada taraf signifikansi = 0,05 dengan n = 20. Hasil tersebut menunjukan adanya hubungan korelasi signifikan (thitung (2.589) (1.669) ttabel pada taraf signifikansi = 0,05 dengan n = 20) dengan koefisien determinasi sebesar 9.8% sedangkan sisanya 90.2% ditentukan oleh faktor lain. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara pemahaman materi PKn dengan perilaku prososial anak usia 6-7 tahun
Kata kunci:perilaku prososial, anak usia dini, pemahaman, materi PKn
SS00019502 | SK 19502 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain