Text
Hubungan efikasi diri dengan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SD di Kecamatan Matraman Jakarta Timur
HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN MATRAMAN JAKARTA TIMUR
(2019)
Riyanti
ABSTRAK
Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi dri dengan kemampuan komunikasi matematis pada peserta didik kelas V SD. Sampel pada penelitian ini adalah peserta diidk kelas V SDN Utan Kayu Utara 01 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 79 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Multistage Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket efikasi diri dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi dengan koefisien korelasi = 0,75 dan koefisien determinasi sebesar 56,195 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri dalam pembelajaran matematika memiliki hubungan positif dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas V SD sehingga efikasi diri merupakan salah satu faktor yang dapat mempengarui kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas V SD. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui minat dan kemampuan setiap peserta didik sehingga dapat merancang kegiatan yang mampu meningkatkan efikasi diri pesertadidik kelas V SD.
Kata kunci : Efikasi Diri, Kemampuan Komunikasi Matematis.
SS00019483 | SK 19483 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain