Text
Kompetensi manajerial kepala sekolah : studi tentang kemampuan mengelola sarana dan prasarana & melakukan monitoring dan evaluasi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah di SMKN 26 Jakarta
Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah (Studi tentang Kemampuan Mengelola Sarana dan Prasarana & Melakukan Monitoring dan Evaluasi dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di SMKN 26 Jakarta)
Ambar Aprilliani
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 26 Jakarta Timur, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan manajerial kepala sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana, melakukan monitoring dan evaluasi program sekolah serta upaya kepala sekolah meningkatkan kompetensi manajerial. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2018 hingga Januari 2019. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, studi dokumentasi, dan studi pengamatan. Sumber data dari penelitian ini yaitu: Kepala SMKN 26 Jakarta dan beberapa informan pendukung antara lain Wakil Kepala Bidang Sarana dan prasarana, Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan guru selaku staf kurikulum.
Kemampuan kepala sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana serta melakukan monitoring dan evaluasi dibuktikan dengan adanya sertifkat telah mengikuti beberapa pelatihan terkait kompetensi manajerial dan melakukan pelatihan secara mandiri untuk meningkatkan kompetensi manajerial sehingga pengelolaan sarana dan prasarana berjalan sesuai dengan peraturan yang ada. Kepala sekolah juga memiliki terhadap Permendiknas tentang Kompetensi yang harus dimiliki Kepala Sekolah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Sarana dan Prasarana serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Standar Penilaian.
Kata kunci: Kompetensi Manajerial, Sarana dan Prasarana, Monitoring dan Evaluasi.
SS00019473 | SK 19473 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain