Text
Perbandingan hasil belajar media pembelajaran film dan powerpoint pada mata pelajaran IPS dengan materi sejaran di kelas 5 SDN Cibuluh 3 Kota Bogor
ABSTRAK
MEGAH ISLAM HUMALA SIREGAR, Perbandingan Media Pembelajaran Film
Dan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Dengan Materi Sejarah
Di Kelas 5 Sdn Cibuluh 3 Kota Bogor. Pembimbing Prasetyo Wibowo Yunanto, ST.,
M.Eng dan Vina Oktaviani, M.T.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan
pembelajaran menggunakan media film dengan media PowerPoint terhadap hasil
belajar peserta didik pada pelajaran IPS materi Sejarah kelas 5 SDN Cibuluh 3 Kota
Bogor. Hasil belajar peserta didik kelas 5 SDN Cibuluh 3 Kota Bogor yang terbiasa
diajar menggunakan media PowerPoint semakin menurun untuk 3 tahun terakhir.
Dari permasalahan tersebut perlu adanya alternatif solusi yaitu penerapan media
pembelajaran baru yaitu media film. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas 5 SDN Cibuluh 3 Kota Bogor Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain Nonequivalent
control group pretest-posttest design. Dengan tekneik pengambilan sampel purposive
sampling terpilih 2 sampel yaitu kelas 5-A sebagai kelas kontrol dan kelas 5-B
sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan
menggunakan media film sedangkan kelas control diberi perlakuan pembelajaran
dengan menggunakan media PowerPoint. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah tes hasil belajar yang berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang telah
diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai
tertinggi post-test sebesar 95 dan nilai terendah post-test sebesar 55 dengan rata-rata
80,38. Kelas kontrol yang memperoleh nilai tertinggi post-test sebesar 95 dan nilai
terendah post-test sebesar 60 dengan rata-rata sebesar 80. Uji gain pada kelas
eksperimen sebesar 0,7 dengan kategori rendah sedangkan uji gain pada kelas kontrol
sebesar 0,4 dengan ketegori rendah. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan
mengggunakan media film tidak lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar
dibanding pembelajaran menggunakan media PowerPoint.
Kata Kunci: Film, PowerPoint, Media Pembelajaran, Hasil Belajar
SS00019373 | SK 19373 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain