Text
Tingkat kepuasan konsumen terhadap busana muslim
ABSTRAK
Nurbaeti Ramdhania. 5525117605. “Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Busana Muslim”. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Kebutuhan busana muslim di Indonesia bukan saja dipakai pada acara-acara tertentu saja, melainkan sudah menjadi kebutuhan yang harus ada setiap harinya, seperti untuk kuliah, kerja, bahkan sehari-hari. Busana muslim saat ini sudah menampilkan banyak desain dan model yang tentunya bisa disesuaikan pada kesempatan, seperti abayya, kaftan, tunik dan gamis. Hal ini menguatkan semakin ketatnya persaingan yang terjadi diantara produsen busana muslim, mengakibatkan pihak produsen perlu mengambil langkah yang tepat untuk dapat bertahan di industry tersebut. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu memenuhi kepuasan konsumen secara efektif dan efisien.
Tujuan penelitian adalah : (1) mengidentifikasi tingkat kepuasan konsumen berdasarkan harga; (2) mengidentifikasi tingkat kepuasan konsumen berdasarkan kualitas produk; (3) mengidentifikasi tingkat kepuasan konsumen berdasarkan standar ukuran; (4) mengidentifikasi tingkat kepuasan konsumen terhadap busana muslim di Indonesia.
Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. uji validitas dan reliabilitas dengan cara menyebarkan kuesioner yang berisi pernyataan yang berhubungan dengan usia responden, standar ukuran, kualitas produk dan harga. Subjek penelitian berjumlah 100 responden yang mengunjungi pusat perbelanjaan Pasar Grosir Tanah Abang dan Mall Thamrin City dengan pendekatan sampling incidental yang bersedia menjadi responden, dan masuk kriteria sebagai responden.
Mayoritas responden adalah wanita dengan rentang usis 20 s.d 50 tahun. Atribut produk busana muslim yang diteliti adalah standar ukuran, keragaman model, desain, bahan, kualitas produk, dan harga.
Hasil penelitian menyatakan bahwa jumlah konsumen yang membeli busana muslim terbanyak pada tingkatan puas yaitu berjumlah 68 orang dengan presentase sebanyak 68% dari jumlah responden, sedangkan konsumen yang merasa tidak puas terdapat 32 orang dengan presentase sebanyak 32%. Hasil penilaian presentase tersebut menunjukkan bahwa konsumen yang membeli busana muslim merasa puas dinilai dari 2 aspek tingkat kepuasan dengan 5 sub indikator. Uji Validitas dengan r tabel 0.361 dan uji reliabilitas dengan uji alpha cronbach dengan taraf signif 5% yaitu r 0.940.
Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Tingkat kepuasan konsumen, Busana Muslim
SS00019376 | SK 19376 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain