Text
pengembangan media pontung untuk meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan anak usia 5-6 tahun : penelitian karya inovatif di wilayah Kelurahan Serdang Jakarta Pusat
PENGEMBANGAN PONTUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
(2019)
Anjani Yuliana
ABSTRAK
Penelitian karya inovatif ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pontung untuk meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan anak usia 5-6 tahun. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE ini memiliki lima tahapan. Penilaian pada pengembangan ini menggunakan skala 1 – 4. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan penilaian ahli media dengan nilai 3.3, rata-rata keseluruhan penilaian ahli materi dengan nilai 3.7, sehingga memperoleh hasil rata-rata keseluruhan penilaian para ahli dengan nilai 3.5 yang berarti masuk ke dalam skala 4 yaitu sangat sesuai. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengembangkan media pontung dapat meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan anak usia 5-6 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pengembangan media pontung dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan anak usia 5 – 6 tahun tetapi disesuaikan dengan materi, fasilitas, kesiapan guru dan anak. Pengembangan media pontung ini memberikan masukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang ingin mengembangkan sebuah media permainan khususnya media pontung.
Kata Kunci: Kemampuan melakukan penjumlahan, media pembelajaran Pontung, Penelitian Karya Inovatif
SS00019493 | SK 19493 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain